Senin, 11 Oktober 2010

SOES, the making of

Dari satu adonan sus, dapat dibuat berbagai macam bentuk, mulai dari bentuk bulat biasa (seperti gambar diatas), panjang, hingga berbentuk binatang. Variasi isinya pun tidak terhingga.
Kue sus yang baik akan berongga di tengahnya, karena kue sus dibuat dengan cara dua kali pemasakan yaitu direbus dan dipanggang.

Resep Dasar Kulit Sus

Bahan
250 ml air
100 gr margarine atau mentega
1/2 sdt garam
1 sdm gula pasir
150 gr tepung terigu (aku pakai Terigu Cakra)
4 butir telur
1/2 sdt baking powder (optional)

Cara pembuatan
Didihan air, margarine, gula pasir dan garam hingga larut. Kecilkan api, sekecil mungkin lalu masukkan terigu sekaligus sambil diaduk cepat supaya tidak membutir. Aduk sampai adonan kalis (tidak lengket lagi di panci). Angkat dan biarkan uap panasnya menghilang.
Setelah adona hangat (suam-suam kuku), masukkan telur satu persatu sambil terus dikocok (bila menggunakan mikser, gunakan dengan speed terendah) atau diaduk dengan spatula. Setiap memasukkan satu telur, kocok/aduk sampai adonan menyatu, baru masukkan telur berikutnya. Adonan sus siap digunakan.
Masukkan ke dalam piping bag yang telah diberi spuit bintang besar. Semprotkan adonan ke atas loyang yang telah dioles margarine
Panggang sus dalam oven yang telah dipanaskan pada suhu 200' C selama 25-30 menit atau sampai sus berwarna kuning kocoklatan. Dalam proses pemanggangan inilah, uap air yang terperangkap dalam campuran mentega-tepung tadi dilepaskan. Proses pelepasan uap air itu akan membuat kulit sus berongga. Agar bentuk sus mengembang dengan sempurna, selama pemanggangan jangan membuka pintu oven atau minimal selama 25 menit pertama, pintu oven pantang dibuka.

Setelah 25 menit, biasanya kulit sus sudah stabil dan tidak mengempis bila pintu oven dibuka, hal ini disebabkan sebagian besar uap air sudah dibebaskan dan hanya tinggal melanjutkan proses pengeringan.
Kalo sudah lewat 25 menit tetapi masih ada mentega yang berbuih-buih, jangan dikeluarkan dulu dari oven. Tunggu sampai buih mentega menghilang/habis, baru angkat dari oven.

Setelah dikeluarkan dari oven, segera pindahkan kulit soes ke rak kawat supaya bagian bawahnya tidak beruap dan jadi lembek. kalau tidak punya rak kawat yaaa...gimana kek caranya supaya bagian bawah kulit soes bisa kontak langsung dengan udara :D
Nah..! Jadi deh kulit susnya.. Mayan gendut kan..? 
Perhatikan pakem sekaligus tips dan trik bikin kulit sus deh! Pasti hasilnya bisa mekar merekah dan nyempluk2..hihihi
Selamat mencoba ya..

0 komentar: