Rabu, 09 Maret 2011

Cabai, pedas menggoda

Mendapat nama latin yang cantik, Capsicum Annuum L dan termasuk famili Solanaceae, cabe merah ini kata orang berasal dari Amerika tropis mulai dari Meksiko sampai bagian utara Amerika Selatan.

Di Indonesia, tanaman cabe bisa ditanam dimana saja, daerah pantai ok, daerah pegunungan apalagi. Beberapa nama lokal untuk cabe merah yaitu campli, capli (Aceh), lado (Minangkabau), cabhi (madura), tabia (Bali), lada (Makasar), lading (Bugis), Siri (Ambon).
Buah cabai merupakan buah buni dengan bentuk garis lanset, merah cerah, dan rasanya pedas. Daging buahnya berupa keping-keping tidak berair. Bijinya berjumlah banyak serta terletak di dalam ruangan buah dan melekat pada plasenta.
Di dalam Cabai Merah terdapat kandungan kapsaisin, dihidrokapsaisin, vitamin A dan C, damar, zat warna kapsantin, karoten, kapsarubin, zeasantin, kriptosantin, lutein, dan mineral Berdasarkan penelitian, bahan-bahan yang dikandung oleh Cabai Merah memiliki manfaat untuk membantu mengatasi gejala sakit perut, sakit gigi dan tangan lemah, influenza, serta meningkatkan nafsu makan.

0 komentar: