Selasa, 21 Desember 2010

AYAM KODOK, the making

Proses awal pembuatan ayam kodok adalah memilih ayam utuh yang segar. Untuk ukuran bisa sesuai selera, tapi kayaknya yang ukuran sedang atau besar mungkin sedikit lebih mudah mengulitinya.

Diawali dengan menguliti ayam. Menurutku ini proses awal yang paling sulit, soalnya kudu hati2 supaya kulit tidak robek. Seperti yang tercantum diresep, proses menguliti dimulai dari bagian perut, kmd paha kanan, paha kiri, lalu bagian punggung, ketiak dan leher, sampai keseluruhan kulit terlepas dengan sempurna. Mhn maaf banget pas proses menguliti kelupaan difoto :) soalnya kudu serius banget..hehe..
Nah, aq share hasil akhirnya aja ya..
gambar atas adalah kulit yang udah terkelupas dari badan si ayam, dan gambar bawah adalah ayam yang sudag dikuliti.
Tulang-tulang ayam ini nantinya akan direbus untuk diambil kaldunya. Dagingnya, digiling dan dicampur dengan daging sapi giling, digunakan sebagai isian.
Daging ayam dan daging sapi giling dicampur dengan bumbu-bumbu dan telur ayam, diaduk hingga tercampur rata.
Proses berikutnya adalah mengisikan adonan daging ayam dan sapi giling kedalam kulit ayam. Jangan lupa memasukkan telur ayam rebus (4 butir) ke bagian dada dan pantat ayam. Setelah terisi penuh, jahit dengan rapi.
Sisa daging giling bisa dibuat menjadi rolade. Gak usah dibumbuin lagi. Tinggal digulung dikertas aluminium foil, kemudian kukus hingga matang. 

Tahap berikutnya, siapkan loyang dan bungkus ayam kodok dengan aluminium foil. Bungkus rapi hingga tidak ada celah (bocor). Jangan lupa diberi olesan madu dulu yaa...
Panggang sebentar, kemudian keluarkan dari oven, beri bahan olesan. Panggang lagi. Lakukan berulang hingga bahan pengoles habis.
Ini ayam yang baru saja diberi bahan pengoles.
Dan ini ayam yang sudah beberapa kali diberi bahan pengoles dan beberapa kali dipanggang, hingga ayam matang dengan sempurna
Hmmm...looks so yummy kan...
Setelah ayam siap, buat bahan saos dari kaldu ayam ayam. Kurasa utk pembuatan ini cukup jelas di resep, jadi gak perlu dikasih step by stepnya ya..
Tapi ini kuperlihatkan penampakan rebusan tulang ayam, wortel dan daun bawang yang akan digunakan sbg kaldu
Nah, untuk pembuatan mashed potato juga cukup jelas diresep. Ini aq kasih liat potongan kentang rebus yang digunakan sebagai hiasan sekaligus atasnya diberi beberapa sendok mashed potato untuk pelengkap.
Nah, semoga dengan gambaran yang udah aq kasih, temen-temen dah punya bayangan gimana cara bikin ayam kodok. Jadi gak ada alasan lagi untuk gak buat kan...??? Ayo, buruan beli ayam dipasar/supermarket trus segera praktek dan siapkan diri untuk dipuji suami dan anak-anak.

0 komentar: